Kamis, 03 Februari 2011

Memelihara Burung Parkit Untuk Pemula

Tulisan ini dibuat setelah punya 2 parkit, dan besoknya mati satu. Trus langsung tanya2 ama mbah google dan nemu artikel ini. semoga bermanfaat untuk yang berniat pelihara parkit.

Tips memelihara Parkit dari orang yang sudah mengubur 4 (empat) parkit di kompleks pekuburan parkit dekat rumah (artinya sudah ada pengalaman, mahal memang) :

1. Harus ada kandang parkit. Kalau untuk penangkaran mesti statis kandangnya, tidak goyang-goyang. Silahkan dibayangkan sendiri kenapa alasannya.

2. Mesti bersih, nggak harus bersih banget ngalahin kamar yang punya. Minimal 3 hari sekali dibersihkan tuh kandang.

3. Mesti hangat kalau malam. Entah dimasukkan kandangnya atau dibiarkan di luar rumah, kandang parkit tetap harus ditutup rapat dan gelap agar nyenyak tidurnya.

4. Matahari jangan kena langsung, musti ada penghalang dikit2 di atas kandang.

5. Ngasih minum sekali-kali saja. Tiga hari sekali juga boleh. Yang penting, setelah dikasih minum, sorenya air dibuang. Air yang lama disitu bisa kemasukan macem2 kotoran, kadang2 kotoran si parkit sendiri. Kalau sampai diminum, jelas bakal sakit perut tuh si parkit.

6. Jangan lupa kasih makanan. Bagusnya sedikit-dikit saja, biar nafsu makannya semangat. Jangan tertipu isi di kotak makanan. Sekam dari makanan parkit biasanya tertinggal di kotak. Dari jauh, kotak makanan bisa terlihat penuh isinya walaupun ternyata isinya hanya sekam. Coba ditiup, pasti terhambur itu sekam. Yang tinggal disitu berarti yang masih ada isinya.

7. Parkit juga makan toge, bayam, indomie nggak (biar yang punya aja kalau itu).

Gawat! si Parkit Mencret!!!

Perhatikan tanda-tanda darurat :

1. Si Parkit selalu menekuk kepalanya ke belakang seakan-akan mencari kehangatan.

2. Si Parkit bulunya dikembangkan kayak orang merinding.

3. Si Parkit mencret. Bisa dilihat dari fesesnya atau dari bulu di sekitar knalpot si Parkit. Kotor berarti yes!

4. Si Parkit selalu menutup mata padahal siang-siang. Ini berarti malamnya dia tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jangan berpikir merk springbed atau tangkringan tertentu, bukan itu penyebabnya.

Langkah-langkah penanggulangan (belum pernah dicoba tapi teorinya begini) :

1. Berikan kehangatan terhadapnya. Sekitar 35 derajat celcius. Caranya dekatkan dengan lampu, tapi halangi cahayanya sehingga hanya kehangatannya yang ia dapatkan.

2. Berikan antibiotik di minumnya. Parkit yang mencret akan kuat minum. Perhatikan jangan overdosis. Ingat, sebenarnya yang ia butuhkan hanyalah istirahat dan tidur yang cukup (sedikit ngarang ini).

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.